Pages

Selasa, 27 Oktober 2009

Ramah Lingkungan

Artikel: “Are we Being Greenwashed?”


Wacana ramah lingkungan belakangan ini ramai dibicarakan. Apa lagi dunia industrialis saat ini semakin mengancam keadaan alam uamat manusia. Lantas muncul pertanyaan, “Are we Being Greenwashed?” . Ada salah seorang ilmuan yang bernama Daniel Goleman yang berpendapat : bahwa tidak mudah mengembalikan keadaan alam yang sudah terancam oleh produksi barang pabrik yang berdampak pada ketidak seimbangan ekologi kita saat ini”, menurutnya dewasa ini pabrik-pabrik yang menghasilkan barang produksi yang gencar menyuarakan “ RAMAH LINGKUNGAN” seperti barang-barang yang berlabel organic seperti katun T-shirt, kertas daur ulang produk, hemat energi printer, atau deterjen bebas fosfat, itu semua hanya dijadikan strategi pasar saja dalam menarik minat pelanggan dan memberikan keamanan yang palsu bagi para pengguna. Namun Daniel Goleman juga menyatakan sekarang ini sudah semakin banyak pabrik yang mengedepankan dampak ekologis yang akan terjadi dalam prose produksi barang yang akan dipasarkan, dalam artian sebuah pabrik atau industri harus memahami apa yang disebut dengan "Ekologi industri”.

"EKOLOGI INDUSTRI” MELIPUTI PROSES

Pengemasan, yang berdampak ramah lingkungan.
Pengiriman, yang hemat biaya dan bahan bakar. Diharapkan berdampak baik pada lingkungan.
Pembuangan , adalah hasil akhir dari proses produksi duatu barang indusri, dimana harapan Daniel adalah pembuangan sisa produksi harus aman bagi lingkungan.




Dewasa ini, tampak bahwa Bisnis Besar semakin serius tentang perubahan iklim. Hampir setiap perusahaan besar meluncurkan strategi hijau, yang dirancang untuk cast itu sebagai bagian dari solusi pemanasan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wahai, sahabat silahkan give me coment key...! Baik Dan Buruk komentar Kalian akan aku terima Dengan Lapang dada Demi membangun diri,INSYAALLAH!